BALIK MARING ALAM ( BACK TO NATURE )

BERAS ABANG / BERAS MERAH


Beras Merah

Selama ini kita mungkin hanya mengetahui beras putih saja, padahal selain beras putih ada juga beras merah dan beras hitam. Kandungan gizi beras merah lebih tinggi daripada beras putih

Beras merah mengandung banyak zat yang penting seperti vitamin, gizi, serat alami dan kandungan mineral yang tinggi, Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dll.

Beras merah juga memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari penyakit arterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) sehingga membuat beras merah menjadi lebih unggul apabila dibandingkan dengan beras putih. Beras merah juga memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari penyakit arterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) sehingga membuat beras merah menjadi lebih unggul apabila dibandingkan dengan beras putih.
Beras merah mengandung zat angiotensi II yang berada pada beras merah. Zat inilah yang membuat salah satu manfaat beras merah adalah mampu mengatasi penyumbatan arteri dan tekanan darah tinggi.
Zat angiotensi II terdapat pada lapisan kulit ari beras agar zat ini tidak terkelupas dan hilang maka penggilingan beras merah menggunakan alat tradisional ( ditumbuk)  Beras Tuton tidak menggunakan mesin Beras putihpun yang ditumbuk nilai gizinya lebih tinggi dari yang digiling dengan mesin karena apisan arinya tidak terkelupas.
Manfaat beras merah antara lain :
Beras merah dapat membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi.
Mampu mencegah penyakit degeneratif seperti hipertensi, asma, lever, diabetes melitus, dll.
Kandungan serat nya pun tinggi sehingga beras merah juga bisa mencegah penyakit seperti sembelit, perut kembung, gangguan pencernaan dan juga menurunkan kadar kolesterol.
merah juga bisa untuk mengatasi cepat lelah, memperkuat tubuh dan mampu meningkatkan stamina.
Beras merah ini juga memiliki vitamin B yang tinggi, jadi sudah tidak dragukan dapat mencegah penyakit beri – beri, sakit pinggang, kesemutan dan rematik.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment