BALIK MARING ALAM ( BACK TO NATURE )

Pisang / Gedang


 Manfaate  Gedang

Pisang atau gedang banyak tumbuh di Indonesia dan merupakan tumbuhan yang memasyarakat, karena hampir disemua daerah di Indonesia dapat dijumpai tanaman pisang. Pisang dapat dimanfaatkan baik buah maupun daunnya, termasuk batang dan bonggol pisang. Ada banyak jenis pisang yang dapat kita kenali . Jenis pisang antara lain: pisang raja, pisang raja molo, raja sere, raja nangka  raja jambe, Pisang ambon kuning, ambon lumut, pisang kapok,  dan masih banyak lagi sampai pisang semut dan kluthuk (batu) 
Buah pisang dapat dikonsumsi langsung atau dapat diolah dengan berbagai variasi makanan seperti kripik pisang atau cake pisang .
Pisang mengandung tinggi kalium dan rendah natrium, itu membuat pertahanan alami yang sempurna untuk tekanan darah tinggi. Sebagai fakta, USDA baru-baru ini mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim kemampuan buah untuk mencegah tekanan darah tinggi dan bahkan gejala stroke.
Ada beberapa pendidikan berbasis penelitian yang menunjukkan makan pisang sebelum sekolah, saat makan siang, istirahat, dan saat makan siang, dapat meningkatkan kinerja otak  keseluruhan oleh hasil yang baik.
Anda mungkin tidak tahu, pisang kaya akan serat yang dapat bermanfaat pembersihan usus besar. Ini membantu memulihkan buang air besar yang teratur, dan merupakan alternatif, aman alami untuk obat pencahar.
Banyak studi dan penelitian telah membuktikan bahwa makan pisang dapat menimbulkan kegembiraan saat depresi, karena fakta bahwa mereka mengandung Tryptophan, yang merupakan jenis protein yang akan dikonversi dalam tubuh untuk Serotonin. Serotonin membantu anda rileks, membuat anda merasa bahagia, dan umumnya memperbaiki suasana hati anda.
Karena mereka memiliki efek antacid alami dalam tubuh, pisang membantu menyingkirkan dan membakar. Jadi pastikan untuk memilih pisang sebagai makanan penutup untuk menjaga perut anda tidak buncit.
Pisang mengandung vitamin B6 yang membantu mengatur tingkat gula darah, dan dapat memiliki efek positif pada suasana hati anda.
Pisang telah ditunjuk untuk membantu kebiasaan merokok,  karena memiliki kandungan vitamin B12 dan B6 yang bersama dengan kalium dan magnesium, membantu dalam memulihkan fungsi paru-paru dari efek penghentian nikotin.
Bagi penggemar buah pisang , buah asli tropis yang satu ini, lanjutkanlah, karena tidak akan ada ruginya anda mengkonsumsi buah pisang  selain harganya murah dan mudah didapat , pisang banyak mengandung  vitamin dan mineral . Namun ternyata dibalik buahnya yang kaya akan vitamin dan mineral ternyata kulit buah pisang juga bisa kita manfaatkan tanpa perlu di buang. Dari sebuah penelitian di amerika menyatakan bahwa ada banyak manfaat yang bisa diambil dari buah pisang yang satu ini. Beberapa manfaat kulit buah pisang untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah : 

  1. Meredakan nyeri
Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang punya senyawa tertentu yang berkhasiat sebagai pereda nyeri. Tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar atau tergores.

  1. Mengatasi gatal
Gatal-gatal akibat gigitan serangga atau alergi ringan bisa diatasi dengan kulit pisang. Caranya cukup dengan menempelkannya di permukaan kulit yang terasa gatal.

  1. Mengobati kutil
Kulit pisang diyakini punya aktivitas antivirus, sehingga banyak yang menggunakannya untuk mengusir kutil dari permukaan kulit. Caranya dengan menempelkan kulit pisang, lalu ditahan dengan plester dan dibiarkan hingga sembuh dengan sendirinya.

  1. Mempercepat kesembuhan luka
Luka yang sudah mulai kering terasa gatal karena tertutup serpihan kulit mati yang mengeras. Serpihan itu bisa dihilangkan lebih cepat hanya dengan mengoleskan kulit pisang, karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.

Dan mungkin masih banyak lagi manfaat yang  lain dari buah pisang yang belum kita ketahui, maka jadikan pisang sebagai buah favorit anda….

No comments:

Post a Comment